Banner
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 179739
Pengunjung : 52605
Hari ini : 44
Hits hari ini : 79
Member Online : 0
IP : 3.84.186.122
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

smkpgri_mejayan@yahoo.com    vandi.yulianto@gmail.com
Agenda
20 January 2019
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan : Sosok Inspiratif yang Berprinsip Long Life Learning

Tanggal : 29-08-2017 10:11, dibaca 253 kali.

Tidak mengenal batasan waktu untuk mengabdi dalam dunia pendidikan, seperti kata pepatah “long life learning” atau belajar sepanjang hayat. Motivasi terbesar Drs. Sampun Hadam, MM untuk bangsa Indonesia ini yang melatarbelakangi ia untuk menekuni profesi sebagai Kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan, walau sebenarnya profesi ini tak pernah terbesit pada pikirannya. Bahkan membayangkan pun tidak pernah karena memang cita-cita awalnya adalah menjadi pengusaha.

Sampun dikenal sebagai Kepala Sekolah dengan berbagai ide gilanya yang inspiratif. Ide-ide gila dan inspiratif ini memang sudah menjadi ciri khas dari beliau. Terbukti dengan pencapaian prestasi yang luar biasa pernah ia raih ketika duduk di bangku SMK dengan menjadi lulusan terbaik dan menjadi mahasiswa dengan lulusan tercepat selama 3 tahun 8 bulan ketika menyelesaikan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Ketika SMK, beliau sudah terbiasa belajar sambil bekerja sehingga terbiasa dengan karakter kerja keras baik dalam bekerja maupun belajar di sekolah.

Motivasi terbesar beliau dalam dunia pendidikan ini adalah ingin memberikan makna untuk bangsa tercinta Indonesia melalui dunia pendidikan dengan mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter kuat terampil kreatif, inovatif, imajinatif, serta teknopreneurship dalam menghadapi persaingan dunia global yang semakin pesat. Kita sebagai bangsa Indonesia dapat bersaing di kancah Internasional karena Indonesia itu kaya dalam sumber daya alam maupun manusianya. Tinggal bagaimana kita bisa berpikir kreatif dan melakukan inovasi untuk mencapai hal tersebut karena perubahan yang santun itu dilakukan melalui dunia pendidikan.

Ketika mengenyam pendidikan Sarjana, bagi beliau tiada hari tanpa pengabdian pada masyarakat bersama anak-anak TPA dan ta’mir masjid Al-Jihad. Kecintaan beliau mengabdi pada masyarakat terus berlangsung hingga beliau lulus kuliah lewat karang taruna sampai menjadi Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Madiun dan menjadi juara II Karang Taruna Teladan Jawa timur. Selain karang taruna, juga sempat menjadi Pemuda Pelopor Jawa Timur pada bidang sosial ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat tepian sungai.

Ide-ide kreatif beliau menyelipkan kisah inspiratif yang patut dijadikan teladan mengikuti jejak kesuksesannya. Tidak hanya sukses menjadi seorang pemimpin di SMK Model PGRI 1 Mejayan melainkan sukses dalam bisnis usaha seperti Usaha Konstruksi dibawah naungan CV. Lintang Songo, usaha di bidang material dibawah naungan UD. Hadam Family, serta usaha membina 17 kelompok tani dengan menyalurkan pupuk yang dibayar setelah panen dibawah naungan UD. Wali Songo. Ditambah dalam dua tahun ini sukses mendirikan PT. Java Madani Perkasa yang bergerak di bidang Pengembang Properti. Tentunya kesuksesan Drs. Sampun Hadam tidak terjadi begitu saja melainkan diiringi dengan usaha yang keras, semangat pantang menyerah dan tidak takut gagal, doa, serta kecakapan yang sudah tertanam dalam pribadinya mulai masa remaja sampai sekarang.

Jendala dan tantangan yang kadang menghampat beliau dalam melakukan inovasi dan kreatifitas adalah adanya peraturan-peraturan dari pemerintah yang mengikat yang kadang tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan SMK.

Bagi beliau menjadi kepala SMK kebih banyak sukanya daripada dukanya karena SMK itu unik, proses pembelajaran yang tidak hanya dilaksanakan di dalam lingkup sekolah tetapi dapat juga di luar sekolah seperti di industri. Ini yang menjadi pengalaman berharga, kita dapat belajar sambil bekerja.

Obsesi beliau ingin menjadikan SMK Model PGRI 1 Mejayan adalah dapat mewujudkan SMK yang memiliki industri sehingga mampu membentuk kemandirian dengan pendekatan pembinaan karakter melalui pendidikan pondok pesantren SMK Model.

Perubahan dan kemajuan dunia pendidikan dimulai dari perubahan sumberdaya manusia yang meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, dan peserta didik sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi dunia usaha/ dunia industri. Serta masyarakat.

Selanjutnya membangun Sistem Informasi Manajemen, mengembangkan program pembelajaran berbasis teaching factory dengan mengacu skema yang ditetapkan lembaga sertifikasi profesi, bekerja sama dengan dunia usaha/ industri dalam berbagai bidang seperti penyelarasan kurikulum, magang guru, prakerin, dan membangun SMK sebagai hubungan industri bagi sekolah lain.

Ditambah dengan pengembangan unit produksi melalui kolaborasi ekonomi sistem dengan UMKM, Bumdes, kelompok tani sebagai upaya mengembangkan kearifan lokal serta industri modern.

 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas